Sabtu, 27 Juli 2019

Resep tradisional masakan tongseng kambing hari raya

Masakan daging kambing menjadi ramai saat tibanya hari raya kurban, sebab saat itu daging kambing sangat berlimpah dan gratis. Banyak resep resep daging kambing yang bisa anda buat. Salah satunya yakni masakan kambing dimasak tongseng. berikut resep masakan tongseng kambing khas lebaran idul adha.

Masih dalam nuansa Idul Adha, biasanya Anda mempunyai banyak stok daging setelah berkurban. Membuat tongseng sapi tanpa santan bisa Anda coba sebagai menu hari ini. Meskipun tidak menggunakan santan, tongseng ini rasanya tetap lezat, kok. Bila bahan-bahannya telah lengkap, silakan mencoba resep tongseng sapi tanpa santan berikut:

Tongseng bisa kita buat dengan mudah dan praktis, kuncinya adalah daging kambing muda agar hasilnya empuk dan lebih lezat. Bahan sayuran yang digunakan adalah kol yang diiris dan terkadang diberi tambahan tomat hijau atau tomat merah. Untuk membuatnya, yang perlu kita persiapkan adalah bumbu-bumbu seperti saat kita membuat gulai. Berikut bahan-bahan dan bumbu beserta cara membuat tongseng kambing dengan praktis. Resep cara bikin kue semprong tradisional taburan wijen

Tongseng merupakan makanan yang memiliki kuah seperti gulai namun memiliki cirri khas pada bumbu yang sangat tajam. Daging yang digunakan pun beragam ada daging sapi, daging ayam, dan daging kambing. Namun yang menjadi daya tarik masyarakat adalah daging tongseng yang melekat pada tulangnya seperti tulang iga. Salah satu favorit masyarakat adalah tongseng daging kambing karena rasanya yang lebih hangat ketika dimakan. Masakan rumahan tradisional ini banyak disukai anak anak muda dan kaum tua.

Tongseng lebih dikenal sebagai masakan yang berasal dari daerah solo yang berbahan dasar daging dan sayuran. Daging yang digunakan kebanyakan adalah daging kambing walaupun bisa divariasikan menggunakan daging sapi atau ayam. Biasanya, makanan yang satu ini dijual bersamaan dengan sate dan gulai serta dijual berkeliling menggunakan pikulan. Meskipun sekarang kebanyakan penjual tongseng memilih untuk berjualan di tempat yang tetap, tapi biasanya ciri khas pikulan masih dipertahankan. Dan tahukah kalian, cara membuat tongseng kambing sederhana khas Solo ini ternyata cukup mudah lho. Resep cara membuat kue donat kentang susu madu

Untuk membuat olahan tongseng yang lezat pun tidak sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar rasanya lezat dan menggugah selera. Bahkan, salah seorang Chef Profesional Indonesia, Ragil Imam Wibowo mengatakan bahwa untuk membuat olahan tongseng yang lezat harus dilakukan sepenuh hati.

Semangkuk tongseng ini terdiri dari potongan daging, kol, tomat, dan kecap. Semangkuk tongseng ini sangat nikmat bila disajikan bersama dengan seporsi sate kambing. Nikmat sekali menyantap tongseng ini sebagai menu santap siang atau santap malam Anda. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah bisa loh dan tentunya daging yang dipakai juga lebih bersih jika dimasak sendiri.

masakan tongseng kambing


Bahan bahan masakan tongseng kambing
500 gram daging kambing, buang lemaknya agar tak bau prengus, potong-potong dan tidak perlu dicuci
1 batang sereh ukuran besar, memarkan
1 ruas jari jahe ukuran besar, memarkan
3 lembar daun jeruk
4 sdm kecap manis kental
1 ruas jari Laos ukuran sedang, memarkan
Garam dapur beryodium secukupnya atau sesuai selera
Sayuran kubis atau daun kol secukupnya atau sesuai selera, iris tipis
2 buah tomat hijau atau merah ukuran sedang, iris-iris kasar sesuai selera
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus masakan tongseng kambing
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
Cabai rawit secukupnya atau sesuai selera
Cabai merah secukupnya atau sesuai selera
Merica halus secukupnya atau sesuai selera
Jajal juga resep masakan sayur lodeh

Cara membuat masakan tongseng kambing
1. Rebus daging kambing sampai mendidih, buang busa dan kotoran yang mengapung agar tidak bau prengus.
2. Setelah agak empuk, angkat, tiriskan dan potong-potong kecil sesuai selera.
3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan serai, laos, jahe, garam dapur dan daun jeruknya, aduk rata.
4. Masukkan potongan daging kambing ke dalam wajan, aduk rata hingga bumbu meresap dan daging berubah warna.
5. Tuang air secukupnya ke dalam wajan, aduk rata hingga daging empuk.Tuang kecap kental manis, garam, dan irisan kol dan tomat, aduk rata.
6. Bila rasanya sudah pas, aduk sebentar, matikan kompor, lalu angkat.

sumber resep : https://inforesepmasakansederhana.com/rahasia-bumbu-tongseng-kambing-pedagang-kaki-lima/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar