Rabu, 21 Desember 2016

Petunjuk lengkap bagaimana cara bikin mie telor sederhana

Mie merupakan salah satu bahan pangan yang cukup banyak digemari, bahkan bisa dibilang dari anak anak hingga orang tua sangat menyukai mie. Bahkan saking cintanya pada mie ini, saat anda sakit biasanya tidak enak makan namun setelah disodori satu mangkok mie biasanya langsung disikat habis. Itulah salah satu daya tarik mie yang tetap lezat dalam suasana apapun.

mie telor


Mie juga merupakan salah satu jenis makanan yang sangat praktis dan merupakan salah satu bahan utama saat adanya bencana alam maupun bencana yang lain. Sehingga salah satu bahan pangan bantuan yang biasa dibawa sudah pasti ada mie instan yang para donatur bawa. Dengan demikian kebutuhan akan mie menjadi sangat fantastis, bahkan biarpun pabrik mie cukup banyak, pada kenyataannya mereka semua laku keras.

Secara umum mie yang dijual saat ini ada dua macam yakni mie instan dan mie telor. Mie instan biasanya diproduksi oleh pabrik besar, sedangkan mie telor dibuat di perusahaan keluarga atau bisa dibilang home industri. Salah satu produk mie telor yang cukup kita kenal yakni mie telor cap 2 ayam. Mie telor sendiri juga bisa dibedakan menjadi dua macam yakni mie telor kering dan mie telor basah atau sering disebut sebagai mie basah saja.

Nah mie basah ini merupakan bahan utama saat anda membuat makanan yang sangat terkenal saat ini yakni mie ayam. Bahkan kepiawaian pedagang dalam membuat bumbu mie ayam bisa membuat dagangannya sangat laris yang ujung ujungnya mampu mendongkrak ekonomi keluarga. Bahkan cukup banyak mereka yang telah keluar dari pekerjaan utama mencoba nasib dengan berjualan mie ayam. Sebagai info lanjutan bahwa resep mie ayam ini ternyata cukup sederhana dan mudah cara memasaknya.

Demikian juga cara bikin kie telor juga cukup mudah namun ada satu hal yang mesti dipikirkan yakni dalam proses pembuatan mie telor ini memerlukan mesin pencetak mie yang sebenarnya harganya juga tidak mahal mahal amat yakni berada dikisaran 2 jutaan. Namun modal segitu tidak terlalu mahal sebab penjualan mie telor ini pada umumnya cukup laris dipasaran.

Bahan bahan mie telor yang digunakan

  • tepung terigu sekitar 250 gram
  • tepung tapioka atau tepung kanji sekitar 35 gram
  • garam halus 1 sendok teh
  • minyak goreng sekitar 3 sendok makan
  • telur ayam 2 butir
  • kaldu ayam bubuk sekitar 1 sendok teh
  • air besih sekitar 40 ml

Cara Membuat Mie Telur sederhana

  1. Langkah pertama campurkan tepung terigu dan juga tepung tapioka dalam wadah yang cukup besarnya serta aduk aduk hingga merata
  2. Kemudian buat lubang ditengah-tengah campuran tepung lalu masukkan minyak bawang dan juga telur ayam
  3. Lantas uleni adonan hingga rata, anda bisa menggunakan tangan supaya lebih tercampur sempurna.
  4. Selanjutnya campurkan air, garam dan kaldu ayam bubuk, dan aduk menjadi satu
  5. Lantas tuang air tersebut ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan
  6. Kemudian diamkan adonan selama 20 menit dalam wadah yang tertutup dengan plastik
  7. Langkah berikutnya pipihkan adonan lalu digiling dengan menggunakan penggiling mie atau dilakukan secara manual dipipihkan dengan botol atau kayu dan jangan lupa taburi dengan tepung terigu supaya tidak lengket
  8. Kemudian cetak adonan yang sudah dipipihkan menjadi bentuk mie
  9. setelah terbentuk mie, taburi dengan tepung secukupnya supaya tidak menempel satu sama lain
  10. Sekarang mie siap diolah menjadi berbagai masakan yang sangat lezat

Para pedagang biasanya juga melengkapi dagangannya dengan berbagai macam jenis kue kue tradisional yang harga murah dan terjangkau sehingga sebagai makanan selingan saat menunggu pesanan datang. Dengan demikian kebanyakan para pedagang mie ayam selain piawai dalam menyajikan semangkauk mie ayam juga mesti mahir dan mempunyai berbagai jenis resep masakan tradisional sehingga keuntungan yang didapatkan menjadi semakin besar, lumayankan dari pada harus memesannya.