Rabu, 19 April 2017

resep masakan soto ayam betawi kuah bening

Resep masakan tradisional paling banyak di cari saat ini adalah soto ayam. Masakan soto ayam betawi salah satunya. Dengan kuah bening maka rasa kuah soto betawi ini lebih enak dan lebih segar. harga satu porsi soto ayam betawi kuah bening ini biasanya sekitar 10 ribu hingga 12 ribu. Jajanan soto betawi ini banyak di jual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan atau pedagang keliling dengan gerobak dorong.

soto ayam betawi kuah bening

Soto ayam betawi menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat kota jakarta khususnya penduduk asli yang biasa disebut sebagai orang betawi. Namun demikian kota betawi ini bukan hanya mempunyai masakan soto yang cukup enak, tetapi juga resep resep daerah lainnya. Salah satu resep betawi yang tidak ada di daerah lainnya adalah nasi kebuli yang merupakan ciri khas warga betawi khususnya para warga transmigran dari timur tengah.

Resep soto betawi kuah bening

Bahan bahan

daging ayam : 1 ekor, potong jadi 4 bagian

Bahan pelengkap

sohun : 1 bungkus, rebus selama 2 menit dan tiriskan
taoge : 250 gram, rebus setengah matang, tiriskan
lengkuas : 3 cm, iris-iris
daun salam : 2 lembar
serai : 2 batang, digeprek
daun jeruk : 3 lembar
garam, gula, dan royco : secukupnya
jeruk nipis : 3 buah
bawang merah goreng : untuk taburan
minyak goreng : secukupnya untuk menumis

Bahan bumbu yang dihaluskan

bawang merah : 4 butir
bawang putih : 3 siung
jahe : 2 cm
kunyit : 2 cm
kemiri : 4 butir

Cara membuat soto ayam
  1. Rebus daging ayam dengan 2 liter air, masukkan lengkuas, daun salam dan serai, tunggu hingga daging matang. Lalu angkat dan tiriskan, setelah agak dingin suwir suwir secukupnya
  2. Sementara itu gongseng bumbu halus hingga harum, lantas masukkan dalam kuah kaldu bekas rebusan ayam
  3. Tunggu hingga mendidih dan tambahkan garam, gula dan royco atau penyedap rasa secukupnya.
  4. Siapkan mangkok, tambahkan ayam suwir, soun, touge, dan tambahkan kuah soto secukupnya. Tambahkan bawang goreng dan sambal jika suka.
Nah begitulah bunda cara membuat masakan soto ayam asli betawi dengan kuah bening yang segar dan lezat. Anda suka soto, yuk belajar aneka masakan soto khas indonesia, seperti komplitnya bumbu soto daging