Selasa, 28 April 2020

7 Bahan alami untuk menghilangkan kerutan di wajah

Bahan alami untuk upaya cara menghilangkan kerutan di wajah. Munculnya kerutan di wajah bukanlah hal menarik, bahkan banyak yang minder dibuatnya. Tak heran, jika beberapa orang kemudian mulai rajin dan berusaha menghilangkan kerutan pada wajah sejak dini. Mereka pun melakukan berbagai upaya untuk menjaga kulit agar tetap awet muda. Beberapa cara untuk menyamarkan kerutan pada wajah diantaranya dengan menjalankan pola hidup sehat, memakai produk dengan kandungan bahan tertentu, atau melakukan perawatan yang menuntut biaya mahal. Namun jika Anda termasuk penggemar bahan-bahan alami, maka berikut adalah cara menghilangkan kerutan di wajah yang perlu Anda coba.

kerutan di wajah


Sebelum sampai ke sana, Anda mungkin penasaran soal mengapa kerutan bisa muncul di wajah. Kerutan bisa terjadi karena tekstur kulit yang menipis dan melorot akibat jaringan penyokokongnya melemah. Tak cuma wajah saja yang bisa jadi sasarannya, namun kulit leher, punggung tangan, dan lengan juga bisa berkerut. Sebenarnya kerutan itu merupakan gejala penuaan yang alami. Bertambahnya usia membuat jaringan penyokong kulit; kolagen dan elastin semakin melemah. Namun penuaan dini atau kerutan berlebih juga bisa dipicu oleh faktor lain seperti terlalu sering ‘berjemur’ di bawah terik matahari tanpa perlindungan yang memadai, asap rokok, efek samping obat tertentu, stres berlebih, berat badan turun drastis, kurang vitamin E, serta faktor genetik.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak pijat jempolan untuk kulit. Selain merupakan sumber antioksidan seperti vitamin A dan E, minyak zaitun juga bisa menangkal radikal bebas penyebab rusaknya struktur kulit. Anda tinggal memijatkan secara rutin minyak zaitun ke kulit. Biarkan minyak meresap, melembabkan, memperbaiki, dan meregenerasi sel kulit. Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes madu dan minyak zaitun dengan gliserin. Pijatkan ke kulit 2 kali sehari agar sel kulit mati hilang dan kulit lebih kencang. Anda juga bisa memijatkan minyak kelapa, almond, atau vitamin E untuk mencegah sekaligus mengurangi kerutan.

Cara memakai lulur yang benar dan aman

2. Kelabat

Daun, biji, bahkan minyak kelabat dapat mengatasi berbagai gangguan kulit termasuk kerutan. Daun kelabat misalnya, sangat kaya vitamin dan mineral yang mudah diserap tubuh sehingga dapat menghilangkan kerutan dan garis halus secara alami kalau rutin digunakan. Anda tinggal memetik beberapa daun kelabat segar, mencucinya lalu, menumbuknya hingga halus. Oleskan pasta daun kelabat tersebut ke wajah, diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat. Anda juga dapat mencuci wajah menggunakan air yang sebelumnya sudah dididihkan dengan biji kelabat. Atau langsung oleskan saja minyak kelabat ke kerutan dan garis halus.

3. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam malat yang dapat mengurangi kerutan di wajah dengan cara meningkatkan elastisitas kulit. Anda hanya perlu mengoleskan ekstrak gelnya ke kulit, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cara lain adalah dengan mencampurkan 1 sdt gel lidah buaya dengan isi kapsul vitamin E. Oleskan itu ke kulit, diamkan 30 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Jahe

Siapa sangka kalau jahe juga termasuk dalam bahan alami penangkal kerutan?! Semua ini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi. Lebih dari itu, jahe juga bisa mencegah rusaknya elastin, salah satu penyebab munculnya kerutan dan garis halus. Cara menghilangkan kerutan di wajah menggunakan jahe adalah dengan menuang sedikit bubuknya ke dalam 1 sdm madu, lalu telan itu setiap pagi. Anda juga bisa minum rutin teh jahe 2 kali sehari.

5. Pisang

Pisang kaya akan beragam vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat melawan kerutan dan garis halus. Gunakan pisang 2 kali sehari untuk meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan secara alami. Hancurkan 2 buah pisang masak sehingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit, diamkan minimal 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Setelah itu, oleskan pelembab ke kulit. Cara lain adalah dengan mencampur lumatan pisang dengan alpukat dan sedikit madu. Setelah dioleskan ke wajah, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas.

6. Almond

Tak cuma kaya serat, almond juga sumber vitamin E, zat besi, zinc, kalsium, asam folat, dan asam oleat. Selain dengan memijatkan minyak almond ke kulit untuk menunda penuaan, Anda juga dapat merendam kacang almond ke dalam susu mentah semalaman. Keesokan harinya, buang kulitnya dan giling almond menjadi pasta pekat. Oleskan ke wajah, serta bagian bawah mata sekalipun untuk menghilangkan lingkar hitam. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat. Lakukan setiap hari agar hasilnya optimal.

7. Lemon

Air lemon kaya akan asam sitrat yang bertindak sebagai exfoliator alami sehingga dapat mengikis sel kulit mati. Selain bersifat membersihkan, air lemon juga merupakan astringent yang dapat memudarkan noda, kerutan, garis halus, serta tanda penuaan lain seperti lingkar hitam. Anda tinggal menggosokkan sedikit air lemon ke wajah, diamkan 5-10 menit, lalu bilas. Lakukan 2-3 kali sehari. Alternatif berikutnya adalah dengan mencampurkan masing-masing 1 sdt yogurt, madu, minyak vitamin E, dan air lemon. Oleskan ke kulit, biarkan selama 15-20 menit.

Baca juga Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus