Selasa, 07 April 2020

Tips Jitu Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami

Tips Jitu Cara Merawat Rambut Agar Cantik Alami. Langkah pertama yang paling penting dalam perawatan rambut adalah memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Dua kandungan penting di dalam makanan yang sangat dibutuhkan rambut yaitu zat besi dan protein. Menurut pakar, sel-sel rambut adalah sel yang paling cepat berkembang dalam tubuh kita. Namun, sel-sel tersebut jugalah yang paling cepat terpengaruh apabila kita tidak mengkonsumsi makanan yang tepat, yang mengandung banyak nutrisi. Yuk ikuti perawatan rambut secara alami berikut :

Jika ingin memiliki rambut yang sehat dan terlihat cantik natural, Anda harus mulai memperbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, kedelai, buncis, hingga biji labu. Para ahli kesehatan juga menganjurkan kita untuk mengkonsumsi sekitar 12 mg zat besi setiap hari. Selain zat besi, protein juga sangat dibutuhkan karena bisa membantu memperkuat akar rambut. Beberapa sumber protein terbaik di antaranya adalah: keju, susu kedelai kacang, kacang polong, ikan, dan yoghurt.

Cara Merawat Rambut


Seberapa sering Anda mencuci rambut?
Kadang-kadang pertanyaan ini sering menggelayut di pikiran kita. Seberapa sering seharusnya kita mencuci rambut? Menurut para ahli, mencuci rambut tiga kali seminggu adalah yang paling ideal. Sebaliknya, mencuci rambut setiap hari adalah kesalahan. Karena, rambut sebenarnya memiliki minyak alami yang telah dirancang untuk menjaga dan melindungi rambut agar tetap sehat. Jadi, jika kita menggunakan shampoo setiap hari, minyak alami rambut tersebut akan sering terkikis. Lambat laun akan menyebabkan kecantikan rambut terganggu karena jadi kering, rapuh, dan kehilangan kemilaunya.

Berinvestasilah dengan membeli shampoo berkualitas tinggi
Shampoo merupakan salah satu alat pencuci rambut yang paling ideal dan paling sering kita gunakan untuk menjaga kebersihan rambut. Sayangnya, saat ini ada banyak sampo berkualitas rendah yang beredar di pasaran. Salah satu cirinya adalah, harganya murah. Shampoo-shampoo tersebut, walaupun bisa membersihkan rambut, namun sayangnya tidak banyak mengandung nutrisi dan kadang-kadang justru mengandung bahan-bahan yang dapat membuat rambut mudah rusak. Jika ingin memiliki rambut sehat dan alami, belilah shampoo berkualitas tinggi walaupun harganya agak sedikit mahal, namun hasil yang diberikan akan terasa sepadan.

Mencuci rambut juga bisa dipengaruhi oleh jenis rambut Anda
Menurut dokter kulit bernama Dr. Doris Day. Ia mengatakan bahwa, intensitas mencuci rambut dengan menggunakan shampoo sangat tergantung pada seberapa aktif kulit kepala Anda memproduksi minyak. Umumnya, rambut keriting tidak dianjurkan terlalu sering mencuci rambut. Sebaliknya, memiliki rambut yang lurus akan membuat minyak di kulit kepala lebih cepat turun ke ujung rambut sehingga, mereka pun boleh mencuci rambut (dengan shampoo) lebih sering.

Perhatikan di mana Anda menerapkan shampoo
Menurut salah seorang ahli bernama Mark Townsend. Rambut yang sehat, cantik, dan tampak berkilau bisa dipengaruhi oleh cara menerapkan shampoo dan conditioner ketika mandi. Bukan hanya soal berapa banyak jumlah shampoo yang Anda terapkan ketika mandi, melainkan yang juga penting adalah, di mana Anda menerapkannya? Masih menurut Mark Townsend, shampoo sebaiknya diterapkan langsung pada kulit kepala saja. Tidak pada ujung rambut atau keseluruhan rambut. Karena dengan sendirinya, ketika Anda akan membilas rambut, shampoo tersebut akan ikut mencuci dan membasahi ujung rambut.

Lakukan pijat kepala secara rutin
Manfaat utama memijat kulit kepala adalah untuk meningkatkan sirkulasi atau aliran darah. Aliran darah yang lancar akan membawa nutrisi yang banyak, sehingga rambut akan menjadi lebih subur dan sehat. Pijat juga sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi kulit kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar