Sabtu, 02 Juli 2016

Cara menyimpan kue supaya lebih awet

Banyak petunjuk cara menyimpan kue supaya lebih awet. Namun jika salah dalam penerapannya maka biasanya kue anda akan cepat berjamur. Sayang kalau kue kue yang harganya mahal di buang percuma karena berjamur atau sudah berubah rasanya. Berikut paling tidak ada 9 cara menyimpan kue kering yang benar.

cara menyimpan kue


Ada beberapa tips sederhana untuk menyimpan aneka kue kering yang kita buat jadi lebih awet dan tahan lama, bahkan akan tetap renyah sepanjang waktu. Pada hakekatnya kue kering memang lebih tahan lama dari pada kue basah. Bagi anda yang kebetulan mempunyai simpanan kue kering cukup banyak, tentu lebih baik melakukan penyimpanan yang benar.

Beberapa jenis kue kering seperti : kue semprit selai nanas, atau juga kue kuping gajah, atau juga keripik kentang sebenarnya akan lebih awet bahkan hingga beberapa bulan. Berikut tips cara penyimpanan aneka macam kue kering agar tetap enak, renyah, awet dan tahan lama.


  1. Penyimpanan jenis kue kering dengan tektur lembut seperti kue sagu keju, atau kue nastar nanas, atau kue keju kastengel dan lainya tempatkan di wadah plastik yang tidak terlalu tinggi. Wadah plastik berguna untuk menjaga kelembutan Kue Kering anda. Sedangkan untuk jenis kue kering yang bertektur renyah seperti : kue semprong atau kue kacang, dan lainnya sebaiknya gunakan toples kedap udara agar rasanya tetap renyah ketika dinikmati.
  2. Gunakan kertas wax atau kertaws tisu untuk memisahkan tumpukan kue agar kue tidak saling menempel.
  3. Saat menyimpan kue kue sebaiknya jangan dicampur, letakan sesuai dengan jenis kue agar baunya tidak tercampur.
  4. Mendinginkan kue seperti menaruhnya di kulkas juga bisa membuatnya tetap renyah dan segar. Namun biasanya hanya beberapa minggu saja.
  5. Jangan langsung menempatkan kue yang baru saja diangkat dari oven. Dinginkan dahulu beberapa saat dalam udara terbuka sampai kue dingin baru kemudian dimasukkan ke dalam wadah toples. 
  6. Selalu gunakan stoples kedap udara, Toples dengan tutup karet atau toples dengan uliran yang kuat, Dengan kondisi kedap udara, kerenyahan kue kering yang kita buat akan lebih tahan lama.
  7. Pastikan Wadah kering, wadah atau Toples juga harus kering, untuk menjaga kue tetap renyah, Lap toples atau wadah dengan lap bersih dan diangin-anginkan beberapa saat atau dijemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. toples yang lembap, akan membuat kue mudah berjamur.
  8. Beri kemasan garam dalam stoples Untuk Menjaga kelembabab udara. Selain dengan selica gel, kelembaban udara dalam toples bisa diminimalkan dengan menambahkan garam. Bungkus 1 - 2 sendok teh garam dengan kain bersih kemudian masukan kedalam toples lalu susun kue kering didadalmnya.
  9. Simpan di tempat kering,Terakhir simpan kue kering di tempat yang kering dan Hindarkan dari makanan yang berbau menyengat.

Demikian beberapa tips sederhana cara menyimpan kue jenis kering agar lebih awet, lebih enak, dan tahap lama. Anda suka membuat berbagai macam kue dan makanan yang enak enak, yuk baca semuanya di resep masakan indonesia yang menyajikan berbagai macam makanan khas nusantara.