Selasa, 23 Juni 2020

Inilah 5 jenis kulit wajah beserta ciri ciri khusus

Apakah Moms sudah tahu jenis kulit wajah yang Moms miliki? Untuk bisa cocok dengan skincare dan mendapatkan hasil yang optimal, Moms mesti tahu dulu jenis kulit wajah yang dimiliki. Pasalnya, setiap skincare dan kosmetik dirancang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit masing-masing wanita. Nah, supaya lebih jelas, ini jenis-jenis kulit wajah beserta ciri khasnya masing-masing.

5 jenis kulit wajah


Jenis Kulit Normal

Jenis kulit ini adalah jenis yang paling diidam-idamkan banyak orang. Pasalnya, Moms tak perlu repot memilih jenis produk perawatan jika punya kulit wajah yang normal. Maksud normal di sini adalah kadar minyaknya seimbang, sehingga tak membuat kulit berminyak ataupun kering. Umumnya, orang yang punya kulit normal memiliki ciri-ciri seperti berikut:

*Sedikit atau bahkan tidak ada bercak di wajah
*Tidak sensitif
*Cenderung punya ukuran pori-pori yang kecil

Agar kulit wajah Moms yang normal ini selalu terjaga, pastikan Moms rutin membersihkan dan memberikannya pelembap. Pelembap berfungsi untuk menjaga kadar air di kulit sehingga tak menyebabkan kulit menjadi kering atau berminyak. Jangan lupa juga Moms harus pakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan, ya. Tips Memutihkan Kulit Badan Secara Alami

Jenis Kulit Berminyak

Jika sebelumnya kadar minyak di area wajah normal, Moms yang punya jenis kulit ini akan terlihat berminyak, ciri khas lain dari jenis kulit wajah berminyak yaitu:

*Punya pori-pori yang berukuran besar.
*Muncul banyak komedo putih dan hitam di area hidung.
*Mudah berjerawat.

Bila Moms punya jenis kulit wajah seperti ini, pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori atau yang sering dikenal juga sebagai non-komedogenik. Hindari juga produk yang mengandung banyak minyak di dalamnya. Alih-alih menggunakan produk tersebut, Moms bisa memilih skincare atau jenis makeup yang mengandung banyak air supaya kulit terasa lembap. Kulit yang lembap karena terhidrasi dengan baik juga akan membuat produksi minyak berkurang.  Petunjuk lengkap cara tepat mengatasi perut kembung

Jenis Kulit Kering

Moms yang punya kulit kering justru tanda kekurangan produksi minyak. Ciri yang paling khas dari tipe ini, jika dilansir dari American Academy of Dermatology, adalah:

*Kulit mengelupas.
*Timbul noda-noda hitam di wajah.
*Terlihat keriput karena kering.
*Kulit terasa kencang.
*Timbul rasa gatal.

Bahkan kulit kering yang sudah parah akan menimbulkan gejala seperti kulit pecah-pecah. Kunci dalam merawat kulit kering adalah menggunakan pelembap. Pastikan Moms tidak lupa menggunakan pelembap setelah mencuci wajah dan di tengah hari ketika kulit merasa kering. Pilih skincare yang tinggi akan antioksidan, sehingga membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
Jenis Kulit Kombinasi

Bila ada area wajah yang terasa kering sementara di bagian hidung dan dahi berminyak, itu tanda Moms punya jenis kulit kombinasi. Ciri khas jenis kulit ini wajah pun gabungan dari kulit kering dan berminyak, yaitu:

*Punya pori-pori yang cukup besar, tapi tak sebesar pada orang dengan jenis kulit berminyak.
*Sering timbul komedo hitam di area hidung
*Kulit berminyak

Kulit kombinasi bisa saja gabungan antara kulit berminyak di area T-zone (dahi, hidung, dagu) dengan kulit normal. Atau bisa juga kulit berminyak dengan kulit kering di area pipi. Berdasarkan informasi dari American Academy of Dermatology, Moms yang punya kulit kombinasi sebaiknya pakai pembersih dan losion yang tak terlalu berat. Pilih skincare yang mengandung cukup banyak air.

Jenis Kulit Sensitif

Moms mesti hati-hati jika memiliki jenis kulit wajah yang sensitif. Pasalnya, salah-salah memilih dan cara perawatannya, akan membuat kulit iritasi. Jika Moms punya jenis kulit wajah sensitif, Moms akan memiliki ciri seperti berikut:

*Mudah memerah
*Gatal
*Muncul sensasi panas
*Kering

Si kulit sensitif cukup membersihkan wajah sekali sehari saja. Tahapan eksfoliasi juga sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, bahkan kalau tidak perlu tak usah digunakan. Menggunakan produk eksfoliator hanya akan membuat Moms yang punya kulit sensitif rentan iritasi dan radang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar