Senin, 04 Mei 2020

Petunjuk lengkap cara tepat mengatasi perut kembung

Pernahkah teman-teman merasa tidak nyaman di perut? Rasanya perut kita terasa penuh dan sedikit nyeri. Kalau pernah, tandanya itu kamu mengalami perut kembung. Perut kembung adalah sebuah kondisi saat terjadi penumpukan gas di dalam perut. Biasanya ini terjadi karena sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik. Nah berikut beberapa tips cara mengobati perut kembung

mengatasi perut kembung


Karena tidak bekerja baik, makan terbentuklah gas di dalam perut.  Semakin banyak gas, semakin terasa penuh perut dan terkadang terlihat membesar. Teman-teman tidak perlu khawatir, sebenarnya menyembuhkan perut kembung itu tidak sulit. Asal kita tahu caranya, gas di perut akan mereda dengan sendirinya. Kira-kira bagaimana cara yang tepat untuk meredakan perut kembung? Yuk, kita cari tahu!

Minum Seduhan Daun Mint : Selain bisa mengeluarkan gas di perut, daun mint juga bisa mencegah kembung agar tidak menjalar menjadi keram pada perut. Caranya adalah dengan meminum seduhan daun mint bersama secangkir teh hangat.

Minum Seduhan Jahe : Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang bisa mengurangi kadar gas di perut serta memberikan rasa lega. Caranya adalah dengan mengunyahnya langsung atau diparut kemudian diseduh bersama air hangat atau teh hangat. Sebelum diminum, jangan lupa disaring terlebih dahulu. Jahe bisa juga dijus bersama sayuran hijau seperti bayam atau kale.

Menghindari Konsumsi Pemanis Buatan : Pemanis buatan memiliki kandungan zat yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh kita. Apalagi kalau kita adalah orang yang mudah kembung, sebaiknya hindari bahan yang satu ini. Kesulitan pencernaan yang diakibatkan pemanis buatan bisa meningkatkan gas di perut sehingga terjadi kembung.

Kombinasi Makanan yang Tepat : Setiap jenis makanan, masing-masing memiliki masa cerna yang berbeda dalam usus kita. Jika digabung, jenis makanan yang lambat cerna akan dicerna secara normal, sementara makanan yang cepat cerna akan mengalami fermentasi dan menghasilkan gas. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan berprotein seperti daging dan kacang-kacangan bersama makanan berpati seperti nasi atau kentang.

Memijat Perut Searah Jarum Jam : Pada saluran pencernaan terdapat yang namanya gerakan peristaltik. Gerakan peristaltik ini membentuk gerakan seperti gelombang. Sehingga makanan yang masuk dapat tersedot atau tertelan masuk ke dalam usus. Untuk mempercepat proses tersebut, kita bisa memberikan pijatan ringan di area bawah perut dengan gerakan searah jarum jam. Cara ini bermanfaat agar gas dalam perut tidak menumpuk dan menyebabkan kembung pada perut.

Berjalan Kaki atau Yoga : meredakan kembung juga bisa diatasi dengan berjalan kaki atau melakukan gerakan yoga. Saat napas teratur, sistem pencernaan akan rileks dan gas berlebihan akan menghilang. Nah, itulah beberapa tips meredakan perut kembung. Semoga bisa membantu, ya!

2 komentar:


  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus