Secara umum setiap pembelian kendaraan khususnya mobil mitsubishi tentu sudah disertakan buku pedoman petunjuk perawatan resmi dari dealer, namun pada kenyataannya tidak semua pemilik mobil mempunyai buku pedoman servis berkala. Apalagi bagi mereka yang membeli mobil bekas mitsubishi. Namun demikian baik mobil baru maupun mobil lama tetap harus melakukan perawatan maupun penggantian suku cadang mobil secara berkala dan terus menerus.
Untuk sekedar membantu atau mengingatkan pada pemilik mobil khususnya merek mitsubishi, maka admin berusaha untuk membantu memberikan informasi tentang pedoman perawatan dan penggantian suku cadang mobil merek mitsubishi secara umum.
Namun untuk V-belt sebaiknya di periksa saat anda membersihkan atau saat anda kontrol. Pada dasarnya kerusakan V-belt tidak dapat diprediksi, namun jika sudah timbul retakan atau sudah keras sebaiknya cepat diganti.
Disamping itu anda sebagai pemilik mobil juga berkewajiban memeriksa : oli transmisi (manual, otomatis, CVT, transfer), oli gardan, saringan udara, Air radiator, oli power steering, dan sistem rem & minyak rem paling tidak setiap 6 bulan. Hak ini untuk menjaga / antisipasi jika ada kerusakan sebelum masa penggantian.
Dan jangan lupa untuk selalu setel klep setiap 112 bulan. Disamping itu V-Belt, dan injector maupun timing belt (gasoline & diesel) memerlukan pemeriksaan setiap 50.000 km. Pemeriksaan secara rutin dan periodik dapat membantu mobil anda untuk tetap prima dengan performa stabil. Baca juga pedoman perawatan nissan grand livina dan perawatan secara berkala mobil honda.
Pedoman perawatan servis mobil mitsubishi secara berkala
PERIODE | ||||||
x 1000 | 5 | 10 | 15 | 20 | 25 | 30 |
BULAN | 3 | 6 | 9 | 12 | 15 | 18 |
oli mesin diesel | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
oli mesin bensin | √ | √ | √ | |||
oli transmisi | ||||||
oli gardan | √ | |||||
filter oli mesin | √ | √ | √ | |||
filter bensin | ||||||
filter solar | √ | |||||
filter udara | √ | |||||
air radiator | ||||||
oli PS | ||||||
minyak rem | ||||||
minyak transmisi | ||||||
timing belt | ||||||
busi biasa | √ | |||||
busi iridium |
PERIODE | ||||||
x 1000 | 55 | 60 | 65 | 70 | 75 | 80 |
BULAN | 33 | 36 | 39 | 42 | 45 | 48 |
oli mesin diesel | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
oli mesin bensin | √ | √ | √ | |||
oli transmisi | √ | |||||
oli gardan | √ | √ | ||||
filter oli mesin | √ | √ | √ | |||
filter bensin | √ | |||||
filter solar | √ | √ | ||||
filter udara | √ | √ | ||||
air radiator | √ | |||||
oli PS | ||||||
minyak rem | √ | |||||
minyak transmisi | √ | |||||
timing belt | ||||||
busi biasa | √ | √ | ||||
busi iridium |
sumber : Harga Mobil dan Motor